Sunday, August 02, 2009

Teori Relativitas pada Hubungan antar Manusia

Ada banyak hal di dunia ini dimana relativitas berlaku.
Saya rasa salah satunya adalah hubungan antar manusia.

Pertama, hubungan pertemanan.
Si A yang berteman dekat dengan si B atau C, akan memasang kacamata relativitas untuk memandang temannya si B atau C.
Betapapun jahatnya atau buruknya si B atau C, kacamata relativitas tadi akan menjadikan hal tersebut tak terlihat di mata A.
Walaupun B atau C berlaku jahat atau bergosip terhadap teman lain (yang tidak termasuk teman dekat), sebutlah D, kacamata relativitas tadi juga akan mendorong si A untuk memihak B atau C.
B atau C bisa dibilang sempurna di mata A.

Kedua, hubungan cinta.
Well, walaupun saya belum punya bukti empiris pribadi, he he ;), kurasa kalimat : "Kalau jatuh cinta, tahi sapi serasa coklat" ada benarnya.
Cinta akan memasang kacamata relativitas di muka "korban"nya. (ha ha, kok korban ya? Awardee, deh ;))

Ketiga, hubungan benci.
Ketika seseorang dilukai orang lain, pun rasa sakit dan luka itu akan memasangkan kacamata relativitas di muka orang tersebut.
Dia menjadi mampu untuk mencari sejuta hal yang menunjukkan keburukan orang yang melukainya.
Padahal, semasa hubungan mereka baik-baik saja, misalnya (terlepas dari apakah mereka pernah berteman), aku yakin hampir semua dari sejuta hal tersebut sama sekali tidak nampak buruk.
Kacamata relativitas membuat dia buta (atau paling tidak mentolerir) hal tersebut, tapi di situasi berbeda, menonjolkan semua hal tersebut.

---------------------------------

Saya sedang kecewa berat sekarang terhadap seseorang, yang saya anggap teman.
Jadi contoh ketiga sedang berlaku pada saya.
Saya menulis teori relativitas di hubungan antar manusia ini, karena saya tidak mau membiarkan luka dan kecewa saya memasangkan kacamata relativitas itu di muka saya.
Na-a, no way.
Sempat terpasang, tapi saya bisa berkata sekarang, saya berhasil melepaskannya.
Sekarang, Alhamdulillah.

I won't be a horrible person just because someone did horrible things to me.
Forgiving for me always take time, but eventually I'll do that.

0 comments:

Post a Comment