Thursday, July 29, 2010

Bahasa vs Nederlands: Gang

Saya mau memulai proyek kecil baru, nih. Mulai hari ini, saya akan menuliskan kata dalam bahasa Belanda (Nederlands) yang juga ada dalam bahasa kita. It’ll be fun dan juga, bisa jadi berguna bagi yang ingin belajar bahasa Belanda. Semua posts terkait akan saya beri label Bahasa vs Nederlands.

Oke, saya mulai dengan kata yang saya barusan temui, gang, di situs ini.

Dalam bahasa kita, gang artinya jalan kecil/sempit atau koridor. Di bahasa Belanda, selain berarti tersebut, ada beberapa arti lainnya yang tidak kita gunakan dalam bahasa kita. Gang bisa berarti mud room (?), course (meal), pace, dan cara berjalan.

Ada juga ekpresi “gang van zaken” yang secara literal artinya cara berbisnis, dan secara konotasi bisa dipakai sebagai prosedur, rutin, urusan.

Menarik juga bahwa kita cuma menyerap satu makna.

Oke, ini edisi pertama. :) Bagi yang ingin belajar bhs Belanda, situs (Dutch Word of the Day) yang saya link di atas bagus untuk menambah kosakata.

0 comments:

Post a Comment